Pages

Sabtu, 23 Juli 2011

Perbedaan antara Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Sistem Komputer, dan Software-Engineering

























ILMU KOMPUTER merupakan displin ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Untuk lebih spesifik lagi maka disiplin ilmu dipecah beberapa bagian seperti Teknik InformatikaTeknologi InformasiSistem InformasiSistem Komputer, dan Software-Engineering.

Teknik Informatika
Pada cabang disiplin ilmu ini lebih cenderung untuk menghasilkan seorang analis berlandaskan pada pengetahuan informatika teoretik dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi on-line yang diharapkan mempunyai kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah dalam dunia nyata . Lulusan Teknik Informatika diharapkan tidak hanya sekedar mampu menggunakan program-program aplikasi komputer (user) atau membuat program aplikasi komputer (programmer), tetapi menjembatani kebutuhan-kebutuhan user dan programmer yang kemudian diterjemahkan dalam sebuah dokumen spesifikasi formal.

Teknologi Informasi
Teknologi Informasi lebih menitikberatkan kepada teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern.

Sistem Informasi
Aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Sistem Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal manajemen.

Sistem Komputer
Jurusan Sistem Komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware) dan perangkat lunak (software). Pada jurusan ini akan mempelajari ilmu eksak seperti logika algoritma, matematika, fisika dan masih banyak lagi. Sistem Komputer merupakan jurusan yang cukup sulit karena menuntut logika yang sangat baik disertai dengan skill untuk merancang alat seperti membuat robot dan alat-alat yang dapat bekerja secara otomatis.
Untuk jurusan ini bisanya akan memiliki keahlian sebagai berikut:

  • Kemampuan tambahan dalam bidang perencanaan dan pengolahan system jaringan komunikasi data (wire & wireless)
  • Kemampuan analisis sistem dinamik, vision, dan intelegence untuk mengendalikan robot dan perangkat keras dalam industri.
  • Kemampuan bidang rekayasa dan perancangan perangkat digital berbasiskan VLSI (Very Large Scale Integration).
  • Kemampuan dalam perencanaan dan pengelolaan perusahaan / organisasi berbasiskan teknologi komputer.
  • Kemampuan merancang dan mengembangkan sistem yang terkait denganmobile technology dan embedded system.
Software-Engineering
Adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatanengineering atas perangkat lunak.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar